SAS MEDIA PERGURUAN ADVENT SALEMBA
Login Untuk Anak SAS MEDIA INDONESIA

kusus Siswa Perguruan Advent Salemba

Dapat Langsung Login or Registrasi dengan

Peraturan yang berlaku di forum ini,

Registrasi Menggunakan Nama Sesuai Absen atau

Nama Panggilan dan Tidak Di Perbolehkan

Menggunakan Nama Samaran atau Nama Yang Tidak Dikenal

Join the forum, it's quick and easy

SAS MEDIA PERGURUAN ADVENT SALEMBA
Login Untuk Anak SAS MEDIA INDONESIA

kusus Siswa Perguruan Advent Salemba

Dapat Langsung Login or Registrasi dengan

Peraturan yang berlaku di forum ini,

Registrasi Menggunakan Nama Sesuai Absen atau

Nama Panggilan dan Tidak Di Perbolehkan

Menggunakan Nama Samaran atau Nama Yang Tidak Dikenal
SAS MEDIA PERGURUAN ADVENT SALEMBA
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Tugas Teori Komunikasi Massa

Go down

Tugas Teori Komunikasi Massa Empty Tugas Teori Komunikasi Massa

Post  Puri Putri Sun Apr 01, 2012 6:05 pm

Pengertian Komunikasi Massa Menurut Para Ahli

Joseph A. devito dalam buku Pengantar Komunikasi Massa oleh Nurudin, M.Si., mengemukakan definisi komunikasi massa sebagai berikut:

komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak yang luar biasa banyaknya. Ini tidak berarti bahwa khalayak meliputi seluruh penduduk atau semua orang yang membaca atau semua orang yang menonton televisi, agaknya ini tidak berarti pula bahwa khalayak itu besar dan pada umumnya agak sukar untuk didefinisikan. Kedua, komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan oleh pemancar-pemancar yang audio dan atau visual. Komunikasi massa barangkali akan lebih mudah dan lebih logis bila didefinisikan menurut bentuknya (televisi, radio, surat kabar, majalah, film, buku, dan pita).


Bittner yakni: komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.

McQuail menyebut ciri utama komunikasi massa dari segi:
1. Sumber : bukan satu orang, tapi organisasi formal, “sender”-nya seringkali merupakan komunikator profesional.
2. Pesan : beragam, dapat diperkirakan, dan diproses, distandarisasi, dan selalu diperbanyak; merupakan produk dan komoditi yang bernilai tukar.
3. Hubungan pengirim-penerima bersifat satu arah, impersonal, bahkan mungkin selali sering bersifat non-moral dan kalkulatif.
4. Penerima merupakan bagian dari khalayak luas.
5. Mencakup kontak secara serentak antara satu pengirim dengan banyak penerima.

Menurut Gerbner (1967)
Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat indonesia

Pendapat lain: Komunikasi Massa adalah (ringkasan dari) komunikasi melalui media massa (communicating with media), atau komunikasi kepada banyak orang (massa) dengan menggunakan sarana media. Media massa sendiri ringkasan dari media atau sarana komunikasi massa.

Meletzke, komunikasi massa diartikan sebagai setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar

William R. Rivers dkk. membedakan antara communication dan communications. Communication adalah proses berkomunikasi. Communications adalah perangkat teknis yang digunakan dalam proses komunikasi, e.g. genderang, asap, butir batu, telegram, telepon, materi cetak, siaran, dan film.

Edward Sapir: Communication = proses primer, terdiri dari bahasa, gestur/nonverbal, peniruan perilaku, dan pola perilaku sosial. Communications = teknik-teknik sekunder, instrumen dan sistem yang mendukung proses komunikasi, e.g. kode morse, telegram, terompet, kertas, pulpen, alat cetak, film, pemancar siara radio/TV.

William R. Rivers dkk.:
Komunikasi Massa dapat diartikan dalam dua cara:
1. Komunikasi oleh media.
2. Komunikasi untuk massa.
Namun, Komunikasi Massa tidak berarti komunikasi untuk setiap orang. Pasalnya, media cenderung memilih khalayak; demikian pula, khalayak pun memilih-milih media.

Karakteristik Komunikasi Massa
William R. Rivers dkk.:
· Satu arah.
· Selalu ada proses seleksi –media memilih khalayak.
· Menjangkau khalayak luas.
· Membidik sasaran tertentu, segmentasi.
· Dilakukan oleh institusi sosial (lembaga media/pers); media dan masyarakat saling memberi pengaruh/interaksi.

Wright mengemukakan definisinya sebagai berikut: “This new form can be distinguished from older types by the following major characteristic: it is directed toward relatively large, heterogeneus, and anonymous audiences; messages aretransmitted publicly, often-times to reach most audience member simultaneously, and are transeint in character; the communicator tends to be, or to operate whitin, a complex organization thet may involve great expense” (Rakhmat seperti yang dikutip dalam Komala, dalam Karlinah. 1999).

Menurut Wright, bentuk baru komunikasi dapat dibedakan dari corak-corak yang lama karena memiliki karakteristik utama sebagai berikut: diarahkan pada khalayak yang relatif besar, heterogen dan anonim; pesan disampaikan secara terbuka, seringkali dapat mencapai kebanyakan khalayak secaraserentak, bersifat sekilas (khusus untuk media elektronik, seperti siaran radio siaran dan televisi).

Wikipedia: Komunikasi massa adalah proses dimana organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (publik).



Minggu, 1 April 2012
Puri Putri 11 exact 2

Puri Putri
Newbi
Newbi

Jumlah posting : 2
Join date : 01.04.12
Age : 28

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik